Membuat Daftar Data Dalam Kolom Excel

September 4, 2008 at 4:21 pm 2 comments

Kalau anda mempunyai tabel  dengan ribuan data dan sebagian besar merupakan isinya sama (data duplikasi), bagaimana caranya mengenerate daftar dengan isi yang unik (masing-masing hanya satu data berlainan yang tampil dalam satu kolom ?

Ada dua cara untuk mendapatkannya yaitu: pertama dengan menggunakan fungsi Data | Autofilter, kemudian klik drop-down list untuk kolom yang diperlukan. Dengan melakukan perintah di atas anda akan mendapatkan daftar data unik di layar.  Kalau dengan cara ini anda cukup puas, maka permasalahan sudah selesai.

Cara yang kedua adalah jika anda perlu memiliki daftar yang unik yang dapat dicopy dan paste kan ke range (kolom) lainnya. Untuik menghasilkan daftar yang unik tersebut, maka anda perlu menggunakan perintah Data | Filter | Advanced Filter.  Contoh di bawah ini adalah cara untuk mendapatkan daftar tersebut di atas. Kita akan menggunakan kolom B pada Gambar 1.

Gambar 1

Gambar 1

  1. Klik kolom pada  label hurufnya untuk memilih seluruh kolom yang berisi data dan copy dengan cara menekan Ctrl + C,  ke menu Edit | Copy, atau dengan menekan icon Copy pada toolbar Standard . (Memilih seluruh kolom karena anda perlu seluruh isi data beserta judul kolomnya).
  2. Mem-Paste-kan data tersebut ke kolom lain (misalnya Kolom E)yang (ingat beri jarak dengan range sumber data),  atau pada sheet baru. Setelah anda melakukan paste, kolom B masih tetap terpilih (lihat ada garis putus-putus disekeliling Kolom B). Akan tetapi jika anda secara tidak sengaja telah membatalkan peritah select, pastikan bahwa petunjuk sel (cell pointer) berada di dalam data yang baru anda paste (kolom E) sebelum melanjutkan. Catatan: Anda tidak perlu memilih seluruh data atau men-sort (urut data) dahulu untuk melakukan perintah ini.
  3. Ke menu Data | Filter | Advanced Filter. Secara otomatis, Excel akan menunjukkan bahwa filtering telah aktif. Kita lanjutkan saja, yaitu dengan memilih opsi copying the unique records to another location, sehing anda dapat membandingkan kedua daftar secara berdampingan.
  4. Pilih opsi (radio button) Select the Copy To Another Location (Gambar 2), pilih opsi Check Box  Unique Records Only , dan ketik G1 pada input Copy To field.
  5. Klik OK, dan Excel akan mengcopykan daftar dengan data unik dari kolom sumber data ( kolom E) ke kolom baru ( kolom G). Bahkan hasinya akan urut abjad , seperti yang tampak pada Gambar 3

Gambar 2

Gambar3

Selamat berkarya !!!!

Entry filed under: Ms Excel, Tips, Tutorial. Tags: , , .

Menuliskan kalimat dengan rumus di Excel Menghitung Data yang Cocok Dengan Beberapa Kriteria

2 Comments Add your own

  • 1. nabil  |  March 22, 2009 at 1:50 pm

    gimana caranya bikin form yang bisa diprint dengan data dari sebuah database dalam excel thanks

    Reply

Leave a comment

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 14 other subscribers

Blog Stats

  • 123,245 hits

Iklan