Bagaimana menggunakan Named Range?

June 6, 2009 at 3:09 pm

Apa yang dimaksud dengan Named Range?

Named Range merupakan perangkat Excel yang memungkinkan Anda untuk menetapkan nama ke satu sel atau sekumpulan sel. Misalnya, Anda dapat menetapkan nama “TarifPajak” ke sel C1 dan kemudian menggunakan nama “tarif” pada saat merujuk ke C1, misalnya Sel B20 dengan rumus = A5 * TarifPajak.

Ada 3 keuntungan menggunakan Named Ranges:

  • Rumus lebih mudah dibaca dan bermakna. Rumus seperti = A5 * TarifPajak akan lebih mudah Anda bila Anda bekerja dengan worksheet kompleks.
  • Named Ranges, secara default, selalu menggunakan sel referensi absolut. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir terjadi perubahan alamat sel, seperti yang terjadi dengan sel referensi relatif, bila anda melakukan Copy / Paste atau Fill Down /Right sel range. (Untuk informasi lebih lanjut tentang mutlak dan relatif sel referensi, klik di sini.)
  • Named Ranges memudahkan untuk meorganisasikan workbook dengan baik dan menarik. Anda dapat menggunakan nama referensi, daripada menggunakan alamat sel, dalam rumus, dan kemudian menetapkan nama tertentu sel terhadap workbook yang Anda rancang. Dengan Named Ranges, Anda tidak perlu mengedit dan mengubah rumus sel tergantung pada Range tersebut. Cukup hanya dengan mengubah referensi/rujukan nama saja.

Named Range yang Valid
Nama apasaja yang berupa huruf, angka, dan garis bawah, namun tidak spasi atau tanda baca dan khusus. Selain itu, tidak boleh sama seperti sel referensi umum. Misalnya, “AA10” tidak valid karena berbagai nama “AA10” adalah nama yang referensi sel umum (baris 10, kolom “AA“).

Walaupun tidak masalah bagi Excel jika menggunakan nama dengan nama yang sama lembar kerja (sheets),  misalnya, Anda terpaksa menggunakan nama ‘Sheet1‘ mengacu ke sel yang ada di worksheet ‘Sheet2‘), saya sangat tidak merekomendasikan hal ini, karena akan membingungkan.

Menambah Dan Menghapus Named Ranges

Untuk membuat Named Range baru di Excel, gunakan prosedur berikut:
Pilih sel atau range sel yang akan diberinama. Kemudian di menu (excel 2003)  Insert –> Name –> Define, atau (di excel 2007) Pada Tabs Formula pilih Define Name, dan ketik nama yang Anda inginkan dalam Text Box (kotak teks).
Untuk menghapus named range, maka menu Insert –> Name –> Define , kemudian pilih nama dari daftar, dan klik tombol Delete. (excel 2003). Atau Pada Tabs Formula –> Name Manager lalu tinggal pilih nama dan Delete

Memberi Nama untuk Formula/Rumus

Named Range tidak harus mengacu ke sel atau sekumpulan sel. Ia bisa mengacu ke rumus. Namun, semua argumen ke rumus adalah “statis”. Mereka tidak bergantung pada sel dari mana nama itu diperoleh. Anda harus selalu menggunakan sel referensi absolut dalam Named Formula; jika tidak hasilnya bisa jadi sangat membingungkan.
Misalnya, jika Anda sering menggunakan rumus = SUM ($A$1:$A$10), anda dapat membuat nama rumus disebut JumlahNya, yang merujuk kepada rumus = SUM($A$1:$A$10). Selanjutnya, Anda akan dapat menggunakan nama tersebut dimana saja misalnya : = JumlahNya/ 2
Keunggulan lain adalah Aanda bisa menangani batasan Excel yang hanya sanggup untuk menggunakan fungsi dengan 8 tingkatan/jenjang. Lihat artikel FUNGSI BERJENJANG agar lebih jelas.
Range dinamis
Hal ini sering berguna untuk membuat nama yang merujuk pada kisaran sel, kisaran di mana tergantung pada isi sel. Misalnya, Anda mungkin menginginkan sebuah nama yang merujuk kepada pertama N non-masukan dalam kolom kosong A. Excel ‘s Nama alat memungkinkan Anda untuk melakukan hal ini. Misalnya, membuat namanya disebut DynaRange, merujuk ke

= Offset (Sheet1! $ A $ 1,0,0, COUNTA (Sheet1! $ A: $ A), 1)

Jika 20 baris pertama dari kolom yang berisi data (dan sisanya kosong), DynaRange akan mengacu pada kisaran A1: A20
Lihat on-line untuk membantu = Offset fungsi untuk keterangan argumen. Mengatur Lebar argumen ke 2 akan memungkinkan kami untuk menggunakan nama ini dalam fungsi = VLOOKUP

= Offset (Sheet1! $ A $ 1,0,0, COUNTA (Sheet1! $ A: $ A), 2)

Kemudian, panggilan VLOOKUP dengan DynaRange argumen untuk rentang lookup:

= VLOOKUP (C1, DynaRange, 2)

Sebagai data akan ditambahkan ke kolom A dan B, rentang pencarian oleh VLOOKUP akan memperpanjang di sini untuk memasukkan data baru.

Nama Terdefinisi dalam Validasi Data dan Conditional Formating (format bersyarat)

Bila Anda menggunakan Validasi Data, maka Anda dapat membatasi input/masukan berlaku bagi sel atau range tertentu. Namun, dialog Validasi Data tidak akan mengizinkan Anda untuk menentukan sel atau range di worksheet lain. Jika kita menggunakan menggunakan nama yang ditetapkan terlebih dahulu (terdefinisi), maka Anda dapat mengatasi keterbatasan excel ini. Cukup memberikan nama untuk range yang berisi nilai-nilai validasi, misal diberi nama RangeValidasi, kemudian dalam dialog Validasi Data, masukkan = RangeValidasi sebagai sumber (source) untuk validasi list. Data Validasi tidak akan menolak, dan semuanya akan bekerja seperti yang Anda harapkan.

Anda dapat menggunakan teknik yang sama dengan Conditional Formatting. Perintah ini juga menolak jika Anda mencoba untuk menggunakan referensi ke sel atau range pada worksheet lain. Cukup beri nama sel atau range sumber, dan gunakan nama yang ditetapkan tersebut dalam rumus Conditional Formatting. CF tidak akan menolak, dan semuanya akan bekerja seperti yang Anda harapkan.

About these ads

Entry filed under: Ms Excel, Ms Office. Tags: , , , .

Menghilangkan Layar Configuration pada Office 2007 Pusing dengan Rumus yang Panjang?


Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 14 other followers

Blog Stats

  • 78,531 hits

Twitter Updates

Iklan


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: